Selasa, 14 Januari 2014

Paragraf



Pengertian Paragraf

Pengertian paragraf adalah  penjabaran gagasan pokok yang dituangkan ke dalam sebuah kalimat. Paragraf atau yang sering disebut sebagai alinea itu, memiliki kalimat utama dan kalimat penjelas yang saling berhubungan (berkoherensi) untuk saling mendukung. Sebuah paragraf terdiri atas beberapa kalimat atau lebih dari satu kalimat. Kalau dalam sebuah paragraf hanya terdapat satu kalimat, dapatlah dikatakan bahwa paragraf tersebut tidak ditata atau disusun sebagaimana mestinya.
Dari uraian singkat di atas dapat disimpulkan hal-hal berikut:
  • Paragraf mempunyai gagasan utama yang dituangkan dalam bentuk kalimat topik. Bagi penulis, gagasan utama itu merupakan pengendali isi paragraf, sedangkan bagi pembaca, gagasan utama menjadi kunci pemahaman karena merupakan rangkuman isi paragraf.
  • Paragraf terdiri atas beberapa kalimat yang berdasarkan bentuknya dibedakan menjadi paragraf yang merenggang dan paragraf yang bertakuk.
  • Gagasan utama dinyatakan di dalam kalimat topik
  • Salah satu kalimat dalam paragraf merupakan kalimat topik, selebihnya merupakan kalimat pengembang yang berfungsi memperluas keterangan, memperjelas, menganalisis, atau menerangkan kalimat topik.
Syarat Pembentukan Alinea/Paragraf
1.     Kesatuan : yang hanya mengandung satu pikiran atau tema
2.     Kepaduan : hubungan antar kalimat
3.     Perincian / urutan isi paragraf
4.     Kelengkapan
Macam Paragraf

1.      Menurut Fungsinya :
  • Paragraf pembuka
  • Paragraf penghubung
  • Paragraf penutup
2.     Menurut Posisi Topik Kalimat :
  •  Deduktif (di awal)
  •  Induktif (di akhir)
  •  Deduktif-Induktif (Campuran)
3.     Menurut Isinya :

1.      Argumentasi

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang berisi penjelasan yang berasal dari pendapat-pendapat atau alasan-alasan yang di sertakan bukti yang kuat untuk meyakinkan si pembaca.
Ciri-ciri paragraf argumentasi:
· bersifat nonfiksi /ilmiah
· bertujuan menyakinkan orang lain bahwa apa yang dikemukakan merupakan kebenaran
· dilengkapi bukti-bukti berupa data, tabel, gambar dll
· ditutup dengan kesimpulan

2.     Narasi

Paragraf Narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian yang didalamya terdapat alur cerita, setting, tokoh dan konflik tetapi tidak memiliki kalimat utama.

Paragraf narasi memiliki ciri-ciri:
· ada kejadian
· ada pelaku
· ada waktu kejadian.

3.     Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang bertujuan untuk menjelaskan dan menerangkan sesuatu permasalahan kepada pembaca agar pembaca mendapat gambaran yang sejelas-jelasnya tentang sesuatu permasalahan yang dimaksud pengarang.
Ciri-Ciri Paragraf Eksposisi :
· bersifat nonfiksi/ilmiah
· bertujuan menjelaskan/memaparkan
· berdasarkan fakta
· tidak bermaksud mempengaruhi

4.     Deskripsi

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang melukiskan atau menggambarkan sesuatu dengan tujuan agar pembaca seakan-akan bisa melihat, mendengar, atau merasakan sendiri semua yang ditulis oleh penulis

Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi
· Menggambarkan /melukiskan objek tertentu (orang, tempat, keindahan alam dll)

5.     Persuasi

Paragraf persuasi adalah paragraf yang bertujuan meyakinkan dan membujuk seseorang atau pembaca agar melaksanakan /menerima keinginan penulis

Ciri-Ciri Paragraf Persuasi :
· ada fakta/bukti untuk mempengaruhi/membujuk pembaca
· bertujuan mendorong, mempengaruhi dan membujuk pembaca
· menggunakan bahasa secara menarik untuk memberikan sugesti (kesan) kepada pembaca

Contoh paragraf persuasi:

Penggunaan pupuk kimia memang dapat mempercepat pertumbuhan tanaman. Penggunaan pupuk kimia juga dapat memberikan keuntungan yang melimpah bagi petani dari hasil panen. Tapi dampak negatif yang ditimbulkan oleh pupuk kimia sangat berbahaya karena dapat menimbulkan pengaruh negatif terhadap lingkungan.  Selain itu penggunaan pupuk kimia juga dapat membuat buah yang dihasilkan terkontaminasi dengan pupuk kimia ini sehingga kualitasnya berkurang. Oleh sebab itulah beralihlah ke pupuk kompos yang murah dan terjangkau juga aman bagi hasil panen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar