Minggu, 12 Januari 2014

Fasilitas Yang Terdapat Pada Internet

    Kali ini saya akan coba mengulas beberapa fasilitas-fasilitas yang terdapat pada internet yang bisa digunakan oleh pengguna internet. Dibawah ini merupakan beberapa fasilitas internet:

1.World Wide Web (WWW)
World Wide Web adalah salah satu fasilitas yang terdapat pada internet yang berisi database yang terdistribusi. WWW merupakan sistem yang saling terhubung  dengan server-server untuk mengakses sebuah data dengan format dokumen,  gambar, suara, animasi, film, dan lain-lain.

2. Electronic Mail (E-mail)
E-mail adalah sebuah fasilitas surat menyurat dalam bentuk surat menyurat yang disediakan oleh internet, pada E-mail kita dapat mengirim berbagai mana bentuk data seperti film, dokumen, foto, dan lain-lain.

 3. Chatting (INTER RELAY CHAT)
Salah satu fasilitas yang disediakan untuk berkomunikasi dalam internet dengan media penginputan dengan cara menulis (text) secara on-line dan real time..

4. HTTP (Hypertext Transfer Protokol)
HTTP merupakan fasilitas dari WWW. Dengan fasilitas ini kita dapat mengakses informasi dari suatu situs web yang ditulis dengan bahasa HTML (Hypertext Markup Language).

5. Mailing List
Fasilitas dalam internet untuk berdikusi dengan menggunakan email.

6. Telnet
Fasilitas untuk mengakses remote computer yang terletak di tempat lain. Beberapa server di internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Layanan ini disebut sebagai telnet.

7. FTP (File Transfer Protokol)
FTP atau File Transfer Protocol, adalah layanan internet untuk melakukan transfer file antara komputer kita dengan server di internet. Dengan adanya FTP kita bisa mengkopi file-file di server ke komputer kita, hal ini yang disebut download. Selain itu kita juga bisa mengkopi file-file di komputer kita ke server di internet, hal ini disebut dengan upload.

8. Ghoper
Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Fasilitas untuk memudahkan pencarian, penarikan, dan pengambilan informasi dari server yang mendukung protokol ghoper.

9. Search Engine
Search engine adalah mesin pencari yang digunakan untuk mencari informasi atau sesuatu yang kita inginkan di internet dengan menggunakan keyword. Beberapa contoh mesin pencari antara lain google, yahoo, bing bar, dan lain-lain.

10. Browsing
Browsing adalah sebuah fasilitas internet yang berfungsi untuk menampilkan sebuah situs website yang kita inginkan untuk mencari sebuah informasi. Program yang sering diguanakan untuk browsing antara lain Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Nightly dan lain-lain.

Dan masih banyak lagi fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh internet.
semoga bermanfaat ^^

Referensi:
Nugroho, Bunafit. REFERENSI Ber-INTERNET BAGI PEMULA. Elex Media Komputindo: Jakarta, 2007
http://chidayat.mywapblog.com/fasilitas-fasilitas-dalam-internet.xhtml

Tidak ada komentar:

Posting Komentar