Sabtu, 11 Januari 2014

Cloud Computing

Cloud Computing dalam bahasa Indonesia berarti komputasi awan. Komputing adalah Teknologi Komputer, sedangkan awan memiliki arti metafora dari internet. Jadi komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan antara teknologi komputer dengan pengembangan internet.

dibawah ini merupakan beberapa istilah cloud computing:
  • Cloud Computing adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS(software as a service), Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. 
  • Cloud Computing bisa diartikan sebagai suatu model yang memungkinkan jaringan dapat diakses dengan mudah sesuai kebutuhan di berbagai lokasi.dimana model ini memungkinkan untuk mengumpulkan sumber daya komputasi seperti network, server, storage, aplikasi dan services dalam satu wadah.
  • Cloud computing adalah teknologi yang menggunakan internet dan server pusat yang jauh untuk menjaga/mengelola data dan aplikasi.

  • Cloud Computing secara sederhana dapat didefinisikan adalah "layanan teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan atau diakses oleh pelanggannya melalui jaringan internet". Kata-kata "Cloud" sendiri merujuk kepada simbol awan yang di dunia TI digunakan untuk menggambarkan jaringan internet (internet cloud).
  • Cloud computing adalah istilah untuk kegiatan menyelesaikan suatu proses atau perhitungan melalui internet dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh suatu kumpulan komputer yang saling terhubung di suatu tempat.

Cloud Computing merupakan model yang dapat mendukung layanan ―Everything as a sevice” (XaaS). Sehingga dapat mengintegrasikan virtualized physical sources, virtualized infrastructure. Cloud computing atau komputasi awan juga merupakan tren baru di bidang komputasi terdistribusi dimana berbagai pihak dapat mengembangkan aplikasi dan layanan berbasis SOA (Service Oriented Architecture) di jaringan internet.  

Contoh penggunaan komputasi awan:
Google Drive, Windows Azure, Google Docks, dan lain-lain

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Cloud_computing

Sofana,Iwan.Cloud Computing - Teori dan Paktik (OpenNebula, VMware, dan Amazon AWS):INFORMATIKA,2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar