Minggu, 08 Mei 2016

GET IP, GET NAME, IPtoName, NsLookup dan Client-Server sederhana

GET IP




Logika Program


         Listing program di atas berfungsi untuk menampilkan IP Address dengan menggunakan bahasa pemrograman java. Pertama program akan mengimport package java.net yang berfungsi untuk memperbolehkan program berkomunikasi dengan jaringan. Setelah itu  buat nama class dengan nama getIP. S elanjutnya deklarasikan InetAddress host bernilai null dan deklarasi host bernilai InetAddress.getLocalHost();  didapatkan dari nilai InetAddress pada localhost. Selanjutnya program akan mencetak alamat Ip komputer dengan memanggil nilai variable host.getAddress();

Output

GET NAME



Logika Program

     Penjelasan listing program di atas hampir sama seperti pada listing program getIP. Yang membedakan hanyalah penggunaan host.getAddress dan host.getHostName. penggunaan host.getAddress berfungsi untuk memanggil alamat IP address sedangkan host.getHostName berfungsi untuk memanggil nama komputer.

Output








IPtoName


Logika Program

      Pada listing program diatas digunakan untuk menampilkan nama komputer dengan menggunakan IP Address. Program akan mengimport java.net terlebih dahulu kemudian membuat class yang diberi nama IPtoName. Pada program ini terdapat percabangan if yang digunakan untuk mengecek apakah panjang array pada fungsi utama sama dengan 0 jika benar maka program akan mencetak "pemakaian : java IPtoName <IP address>". Program akan mengembalikan ke awal dan mendeklarasikan kembali nilai variabel host yaitu array 0 dan untuk varaiabel address pada InetAddress yaitu null maksudnya mengembalikan alamat IP dengan nilai null. Pada program ini juga terdapat try dan catch yang digunakan untuk menangkap kesalahan. Jika program menangkap kesalahan maka program akan mencetak Invalid IP - malformed IP dan program akan dikembalikan ke awal. Namun jika tidak ditemukan kesalahan maka program akan mencetak nama komputer pengguna. Untuk menjalankan program ini maka compile program lalu jalankan dengan perintah “java IPtoName <IP Address komputer kalian>”. Apabila tidak memasukan IP Address maka akan muncul pemakaian : java IPtoName <IP Address>

Output






NsLookup


Logika Program

          Listing program di atas berfungsi untuk menampilkan alamat IP dengan menggunakan nama dari komputer yang digunakan. Penjelasan program ini hampir sama dengan penjelasan program. yang membedakan program ini dengan IPtoName adalah pada perintah try ini akan mencoba memanggil nama host kemudian disimpan didalam variabel address, jika terdapat kesalahan maka program akan mencetak unknown host, jika program tidak terjadi kesalahan terdapat perintah perulangan for, didalam perulangan ini terdapat perintah percabangan if, jika nilai variabel i lebih besar dari 0 maka program akan mecetak nilai ip dengan memanggil nilai dari variabel ip[i]. Cara menjalankannya pun sama dengan IPtoName yang membedakan hanyalah pengguna diminta memasukkan nama komputernya untuk dijadikan IP address.

Output








Client-Server Sederhana

Client






























Logika Program
      Pada listing program diatas merupakan bagian dari program client server. Program diatas merupakan program client yang digunakan untuk meminta data yang berasal dari server. Program ini terdapat interaksi antara client dengan server. Program ini pengguna diminta untuk masukan kunci yang telah di deklarasikan dengan kata “salam” maka ketika pengguna memasukan kata salam maka client akan mendapatkan data dari server yaitu “salam. Namun jika mengetikan kata yang lain selain salam maka client akan mendapatkan data dari server yaitu “maaf, saya tidak mengerti.".

Server





























Logika Program
          Listing diatas merupakan listing program server yang menjelaskan tentang isi dari program server. Pertama dengan mengimport java. io merupakan singkatan dari Input Output. Input melibatkan masukan data dari peralatan input, sedangkan output akan menampilkan data kepada pengguna dan program mengimport java. net paket ini berisi kelas yang memperbolehkan program untuk berkomunikasi melalui jaringan pada sisi server. Saat program dijalankan dan berhasil maka akan tampil “Aplikasi Server Hidup".

Output Program Client-Server














Tidak ada komentar:

Posting Komentar