Selasa, 24 November 2015

DHCP SERVER DAN WEB SERVER

Cara mebuat DHCP server  dan WEB server


Saya akan menjelaskan bagaimana membuat sebuah jaringan DHCP Server dengan menggunakan dua server yang beda class IP dan menggunakan router agar kedua server tersebut dapat saling terhubung.


Selanjutnya kita atur ip pada routernya, lakukan pengaturan pada port router, router sendiri mempunyai dua port yaitu FastEthernet0/0 dan FastEthernet0/1, isikan port 0/0 dengan ip 10.10.10.100 dan pada 0/1 isikan ip 192.168.1.100, kedua port tersebut untuk menghubungkan dua server. Setelah mengisikan ip address maka selanjutnya klik subnet masknya maka akan terisi dengan otomatis, jika sudah maka akan sama dengan seperti gambar di atas. Yang kanan 0/1 yang kiri 0/0.

  
 

Lalu setelah itu kita atur ip untuk server dosen dan mahasiswa, dengan cara klik server dosen lalu pilih dekstop lalu pilih ip configuration, lalukan cara yang sama kepada server mahasiswa. Lalu isikan seperti gambar di atas.


Setelah mengatur ip pada server dosen maka selanjutnya buka menu config lalu pilih DNS untuk web yang berasal dari server dosen. Isikan data seperti di atas lalu klik add agar tampilan seperti gambar di atas.


Lalu setelah itu pastikan HTTP dan HTTPS dalam keadaan hidup seperti gambar di atas

Setelah itu kita masuk kembali kedalam server mahasiswa dan pilih menu config lalu buka DHCP lalu kita atur Default Gateway, DNS server, Start IP Address dan subnet Mask seperti gambar di atas, agar client dapat menggunakan ip yang sudah di sediakan oleh server tanpa harus mengatur secara manual.


Untuk mengatur penggunaan wireless maka kita harus mengubah port LAN menjadi port wireless atau naman lainnya tp link, dengan cara tarik port lan seperti pada gambar di atas yang sudah saya beri tanda lalu setelah itu tarik tp link ke arah tempat port lan tadi, untuk port tp link berada pada bagian pojok kanan bawah gambar yang sudah saya tandai. Tapi jangan lupa untuk mematikan powernya terlebih dahulu. Jika semua pengaturan selesai maka selanjutnya kita pengecekan apakah sistem berjalan atau tidak.
  

Setelah mengatur wireless lalu selanjutnya kita masuk ke menu desktop pada pc lalu ubah menjadi DHCP pada setiap pc, maka secara otomatis pc akan meminta IP Address pada server, jika berhasil maka tampilan akan seperti gambar di atas.


Setelah itu kita cek dengan menggunakan browser dengan cara klik salah satu pc lalu buka dekstop lalu pilih web browser lalu isikan urlnya menggunakan nama urlnya seperti gambar di atas. Jika berhasil maka tampilan akan seperti tampilan di atas, selanjutnya ulangi terhadap client yang lainnya.












Jumat, 20 November 2015

Analisis Web E-Commerce

Steam Community Market



Sejarah STEAM

Steam Community Market adalah salah satu E-Commerce yang disediakan oleh STEAM yang bertujuan sebagai sarana jual beli barang-barang untuk kebutuhan game dalam dunia maya. STEAM dibuat oleh Developer game bernama Valve, yang didirikan oleh Gabe Newell atau biasa dipanggil "Lord Gaben" oleh para Gamers, pada tahun 1996. Pada awal project tahun 2002, banyak pihak yang menyindir Project Steam dengan mengatakan bahwa "Steam tidak akan berhasil" bahkan menertawakan membayangkan menjual game secara online adalah konsep yang sama sekali asing dan belum pernah dilakukan. Meskipun banyak menerima pandangan negatif, Gabe tetap percaya pada visinya bahwa Steam adalah masa depan platform gaming. Dan hasilnya membuat banyak orang yang mencemooh Steam terpaksa menjilat ludah sendiri, Tertanggal Januari 2014, lebih dari 3000 Games tersedia melalui Steam, dengan User-aktif sebanyak 75 juta user. pada Oktober 2013 Screen Digest mengestimasi sebanyak 75% Pembelian PC games melalui online adalah melalui Steam, Market-share dengan angka fantastis. Pada Desember 2010, Forbes mendaftarkan Newell sebagai "nama yang perlu anda ketahui"dikarenakan Steam memiliki hubungan kerja sama dengan banyak developer besar. Pada Maret 2012, Forbes mengestimasi kekayaan Newell sebesar $1.5 Milliar, menempati ranking 854 orang terkaya didunia.

Hal yang di tawarkan dalam Steam Community Market

Dalam hal ini Steam Community Market menyediakan barang-barang yang berhubungan dengan penampilan sebuah karakter game seperti senjata, armor, dan lain-lain, tetapi hanya dalam cakupan game yang dikeluarkan oleh VALVE saja. Diantaranya:
  • DOTA 2
  • Counter-Strike
  • PAYDAY 2
  • Minimum
  • Path Of Exile
  • Immune
  • Dan lain-lain
Untuk pembelian barang-barang tersebut pengguna harus mengisi saldo pada STEAM WALLET.

Kelebihan Steam Community Market
  • Cakupan jual beli internasional.
  • Antara penjual dengan pembeli tidak harus bertemu.
  • Steam Community Market menyediakan pengkonversian mata uang, jadi ketika ingin membeli barang karena beda regional negara, penjual ataupun pembeli tidak perlu repot-repot menukar uangnya kedalam mata uang yang diperlukan.
  • pada Steam terdapat banyak game dan kateori jenis-jenis barang, tetapi Steam Community Market menyediakan penggolongan jenis-jenis barang dalam kategori masing-masing game. penggolongan dapat dilihat pada gambar dibawah ini:




  • Pengupdatetan harga sangatlah cepat.
  • Pada Steam Market Community disediakan grafik harga agar pengguna tau naik turunnya harga barang tersebut. 

Kekurangan Steam Community Market

  • Tidak bisa menjual barang sebelum membeli game di Steam, Setelah itu harus menunggu 1 bulan untuk dapat menjual/membeli barang di Steam Market.
  • Pengguna harus mengaktifkan Steam Guard dahulu, kalaupun sudah mengaktifkan Steam Guard pengguna harus menunggu 15 hari agar dapat bertransaksi pada Steam Market.
  • Barang yang dijual belikan pada Steam Community Market hanyalah barang-barang untuk keperluan game.
  • Potongan biaya untuk mengisi Steam Wallet tinggi.

Referensi:
http://pfind22.blogspot.co.id/2014/06/5-hal-menyebalkan-tentang-steam-market.html
https://steamcommunity.com/market/search?appid=570
http://ridwanakbarnurcahya98.blogspot.co.id/2015/09/sejarah-valve-corporation-dan-games2nya.html





SEO (Search Engine Optimization)

SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google. Halaman website yang memiliki ranking yang baik di halaman pencarian Google tentunya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor potensial terus menerus secara gratis.
Bila kita mengetikkan sebuah kata kunci di halaman pencarian Google, kita akan melihat list website yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Halaman website/ blog yang teroptimasi dengan baik dan berada pada urutan atas (posisi 1 – 4) biasanya akan mendapatkan pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan website yang berada di urutan bawah dari hasil pencarian.  Perlu kita perhatikan, yang saya maksud dengan website/ blog yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO adalah website yang berada di urutan atas hasil pencarian organik (Organic Search), bukan website yang memasang iklan di Google (Google Ads). Lihat gambar,

Sejarah Singkat SEO

Menurut Danu Sulivan istilah search engine optimization pertama di gunakan pada tanggal 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang di posting di usenet dan pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu komplek sehingga mudah untuk di manipulasi. Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melaui meta tag pada kode HTML situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci atau keyword.

Tujuan  SEO

Tujuan SEO adalah untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Secara logika website yang sangat mudah di temukan pasti akan mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak dan dari keuntungan jumlah pengunjung itulah sebuah website bisa menghasilkan keuntungan jika website tersebut mampu meyakinkan pengunjung untuk melakukan tindakan/action untuk membeli produk, memasang iklan, memberi donasi atau hal lain yang pada intinya adalah memberikan keuntungan kepada pemilik website tersebut.

Kelebihan SEO

Kelebihan dari SEO adalah pemilik website akan mendapatkan keuntungan tanpa mengeluarkan biaya promosi untuk melakukan pemasangan iklan dan lain sebagainya.

Kekurangan SEO

Kekurangan SEO adalah bahwa SEO tidak menjamin sebuah website bisa berada di posisi terbaiknya sepanjang waktu. Website yang teroptimasi dengan SEO pasti akan mengalami perubahan posisi entah itu turun peringkat atau bahkan hilang sama sekali. Perubahan posisi terjadi di karenakan beberapa sebab seperti: bertambahnya jumlah persaingan, perubahan algorithm dari search engine, kesalahan dalam pengoptimasian dan faktor lainnya.

Sumber dan Referensi:

http://antoeseo.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-dan-sejarah-singkat-seo.html
https://www.maxmanroe.com/apa-itu-seo-apa-manfaat-search-engine-optimization-bagi-sebuah-bisnis.html
http://dijasaseo.blogspot.co.id/2013/02/kelebihan-dan-kekurangan-antara-seo-dan.html

Kamis, 19 November 2015

E-Commerce dan E-Business


Pengertian E-Commerce


Istilah E-commerce atau (Electronic commerce) yang biasa disebut juga Perdagangan elektronik adalah suatu proses pembelian, penjualan, pertukaran barang dan jasa antara dua belah pihak melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

E-Commerce terdiri atas beberapa jenis :

1. Collaborative Commerce (C-Commerce)
Kerjasama secara elektronik antara rekan bisnis. Kerja sama ini biasanya terjadi antara rekan bisnis yang berada pada jalur penyediaan barang (supply Chain).

2. Business-to-Consumers (B2C)
Penjual adalah suatu organisasi dan pembeli adalah individu.

3. Consumer-to-Business (C2B)
Pada jenis ini, konsumen memberitahukan barang atau layanan yang dibutuhkannya, dan selanjutnya organisasi-organisasi bersaing untuk menyediakan barang atau layanan tersebut kepada konsumen.

4. Consumer-to-consumer
Penjualan barang atau layanan antara individu.

5. Intrabusiness(Intraorganizational)Commerce
Pada jenis ini, organisasi menggunakan E-Commerce untuk meningkatkan kegiatan operasi organisasinya. Hal ini dikenal juga dengan sebutan Businessto- Employee (B2E).

6. Government-to-Citizens (G2C) and to others
Pemerintah menyediakan layanan kepada masyarakat melalui teknologi ECommerce. Pemerintah juga dapat melakukan bisnis dengan pemerintah lain (Government-to-Government / G2G) demikian juga dengan organisasi lain (Government-to-Business / G2B).

7. Mobile Commerce (m-Commerce)
E-Commerce yang dilaksanakan pada lingkungan tanpa kabel (wireless environment), seperti menggunakan telepon seluler untuk akses internet.

Keuntungan e-commerce di antaranya:

a. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
b. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
c. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
d. Melebarkan jangkauan (global reach).
e. Meningkatkan customer loyality.
f. Meningkatkan supplier management.
g. Memperpendek waktu produksi.
h. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).

Kerugian e-commerce di antaranya:

a. Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
b. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
c. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
d. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
e. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
f. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja , ketidakjujuran , praktek bisnis yang tidak benar , kesalahan faktor manusia , kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.


Pengertian E-Business

E-Business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik seperti komputer dan internet. E-Business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-Business memiliki karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis secara konvensional, hanya saja e-business memiliki cakupan yang berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar pebisnis seperti halnya rapat ditempat khusus, atau sekadar untuk berkenalan dengan partner bisnis.

Manfaat E-Business

a. Memperpendek jarak
b. Perluasan pasar
c. Perluasan jaringan mitra kerja
d. Biaya terkendali
e. Efisien

Bentuk Hubungan Bisnis Berdasarkan Transaksi

1. Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
2. Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha bisnis dengan konsumen)
3. Consumer to Consumer (perdagangan antar konsumen)
4. Consumer to Business (perdagangan antara konsumen dengan pelaku bisnis)
5. Intrabusiness e-business (perdagangan dalam lingkup intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang,jasa dan informasi)

Tahapan E-Business

Ada empat tahap pemanfaatan jaringan komputer dan internet untuk tujuan e-business, dimana terjadi transformasi perusahaan tradisional ke e-business, diantaranya sebagai berikut

1. Mendayagunakan komputer
2. Mendayagunakan jaringan dan internet
3. Membangun dan mendayagunakan web
4. E-Commerce

Keunggulan E-Business

a. Efisiensi
b. Tidak terbatas
c. Interaktif
d. Saling berhubungan

Sumber dan Referensi:

https://black711.wordpress.com/2011/10/30/keuntungankerugiane-commerc/
http://octianaeni.blogspot.co.id/2013/10/apa-itu-e-commerce.html
http://dataserverku.blogspot.co.id/2012/03/jenis-jenis-e-commerce.html
http://fadliiman.blogspot.co.id/2015/11/e-commerce-dan-e-business.html

Senin, 02 November 2015

Quiz V-Class JARKOMLAN

Soal :  
1. Apakah dimaksud dengan komunikasi broadband ?
2. Sebutkan keuntungan SONET !
3. Jelaskan prinsip kerja dari ATM !
4. Apakah yang dimaksud dengan DSL
                                         

Jawaban : 
1. Komunikasi broadband merupakan suatu layanan telekomunikasi data (jaringan nirkabel) yang memiliki bandwidth besar dan kecepatan tinggi. Menggunakan DSL, Modem Kabel, Ethernet, Wireless Access, Fiber Optik, W-LAN, V-SAT, dan lain sebagainya. Beberapa contoh teknologi broadband adalah SONET, ATM (Asynchronous Transfer Mode), xDSL, VPN, dsb. Broadband adalah merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar.

2. SONET (Synchronous Optical Network) merupakan standar komunikasi digital untuk sistem transmisi yang dapat meningkatkan kapasitas bandwidth pada kabel serat optik tanpa perlu melakukan penambahan kabel optik. Kehandalan lalu lintas pada SONET akan selalu terjaga pada topologi ring yang menggunakan wavelenght division multiplexing (WDM).
Keuntungan SONET adalah dapat memberikan fungsionalitas yang bagus, untuk jaringan kecil, medium, maupun besar.


3. ATM (Asynchronous Transfer Mode) merupakan sebuah protokol jaringan yang mentransmisikan data paket pada kecepatan 155 Mbps atau lebih. ATM mendukung variasi media seperti video, CD-audio, dan gambar. Dengan menggunakan Kabel fiber optic ataupun kabel twisted pair, ATM bekerja pada model topologi Star yang umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan Local Area Network (LAN) dan Internet Service Providers (ISP) untuk meningkatkan kecepatan akses Internet.
Prinsip kerja dari ATM antara lain :
  • ATM telah direkomendasikan oleh CCITT sebagai mode transfer untuk B-ISDN.
  • Pada ATM, informasi dikirim dalam blok data dengan panjang tetap yang disebut sel. Sel merupakan unit dari switching dan transmisi.
  • Untuk mendukung layanan dengan rate yang beragam, maka pada selang waktu tertentu dapat dikirimkan sel dengan jumlah sesuai dengan rate-nya.
  • Sebuah sel terdiri atas information field yang berisi informasi pemakai dan sebuah header.
  •  Informasi field dikirim dengan transparan oleh jaringan ATM dan tak ada proses yang dikenakan padanya oleh jaringan.
  • Urutan sel dijaga oleh jaringan, dan sel diterima dengan urutan yang sama seperti pada waktu kirim.
  • Header berisi label yang melambangkan informasi jaringan seperti addressing dan routing.
  • Dikatakan merupakan kombinasi dari konsep circuit dan packet switching, karena ATM memakai konsep connection oriented dan mengggunakan konsep paket berupa sel.
  • Setiap hubungan mempunyai kapasitas transfer (bandwidth) yang ditentukan sesuai dengan permintaan pemakai, asalkan kapasitas atau resource-nya tersedia.
  • Dengan resource yang sama, jaringan mampu atau dapat membawa beban yang lebih banyak karena jaringan mempunyai kemampuan statistical multiplexing.

4. DSL (Digital Subcriber Line) adalah teknologi akses yang menggunakan saluran kabel tembaga eksisting untuk layanan broadband. Teknologi DSL disebut juga xDSL. 
Yang termasuk dalam teknologi DSL / xDLS antara lain:
  • High-bit-rate Digital Subscriber Line (HDSL), covered in this article
  • Symmetric Digital Subscriber Line (SDSL), a standardised version of HDSL
  • Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL), a version of DSL with a slower upload Seed
  • Rate-Adaptive Digital Subscriber Line (RADSL)
  • Very-high-bit-rate Digital Subscriber Line (VDSL)
  • Very-high-bit-rate Digital Subscriber Line 2 (VDSL2), an improved version of VDSL
  • G. Symmetric High-speed Digital Subscriber Line (G.SHDSL), a standardised replacement for early proprietary SDSL by the International Telecommunication Union Telecommunication Standardization Sector
xDSL mampu membawa informasi suara dan data (termasuk gambar/video) , untuk data dengan kecepatan bervariasi (32Kbps s/d 8 Mbps). Karena menggunakan kabel telepon, maka xDSL menyediakan bandwidth frekwensi secara dedicated (no-share bandwidth). xDSL mempunyai Bite Rate yang tinggi (asymetric dan symetric). xDSL menggunakan aplikasi Mode IP dan ATM. xDSL mudah instalasi dan langsung dapat dipakai.

Test Akhir V-Class JARKOMLAN

Nama : Axcel Jadi Driantama
Kelas : 4ia18
NPM : 51412272

1. Service yang cara kerjanya mirip dengan mengirim surat adalah :
a. ConnectionOriented
b. ConnectionlessOriented
c. Semua jawaban benar
d. Semua jawaban salah

2. Nama lain untuk Statistical Time DivisionMultiplexing (TDM) adalah :
a. Non-IntelligentTDM
b. SynchronousTDM
c. AsynchromousTDM
d. Semua jawaban benar

3. Hubungan laju transmisi data dengan lebar pita saluran transmisi adalah :
a. Laju transmisi naik jika lebar pita berkuran.
b. Laju transmisi naik jika lebar pita bertambah.
c. Laju transmisi tidak bergantung pada lebar pita.
d. Semua jawaban salah.

4. Teknik encodingBipolar-AMI dan Pseudoternary termasuk dalam teknik :
a. MultilevelBinary
b. NRZ
c. Biphase
d. Manchester

5. Jika dua frame ditransmisikan secara serentak maka akan menyebabkan terjadinya tubruklan. Kejadian ini dalam jaringan dikenal dengan istilah :
a. Contention
b. Collision
c. Crash
d. Jabber

6. Salah satu protocolCSMA yang tidak terus menerus mendengarkan channel adalah :
a. 1-persistent
b. p-persistent
c. Nonpersistent
d. CSMA/CD

7. Salah satu protocol yang bebas dari tubrukan adalah :
a. Bit-Map
b. CSMA
c. CarrierSense
d. ALOHA

8. SelectiveRepeater merupakan istilah lain dari :
a. Router
b. Bridge
c. Gateway
d. Repeater

9. Dalam pemeliharaan ring logis 802.4, frame kontrol yang bertugas untuk mengijinkansuatu stasiun untuk meninggalkan ring adalah :
a. Claim_token
b. Who_follows
c. Token
d. Set_Successor

10. Algoritma yang digunakan untuk menghindari kemacetan adalah :
a. BroadcastRouting
b. Flow Control
c. Optimal Routing
d. FloodingRouting

11. Algoritma routing yang menggunakan informasi yang dikumpulkan dari subnet secara keseluruhan agar keputusannya optimal adalah :
a. Algoritma Global
b. Algoritma Lokal
c. Algoritma Terisolasi
d. Algoritma Terdistribusi

12. Keuntungan multiplexing adalah :
a. Komputer host hanya memerlukan satu I/O port untuk satu terminal
b. Komputer host hanya memerlukan satu I/O port untuk banyak terminal
c. Komputer host memerlukan banyak I/O port untuk banyak terminal
d. Komputer host memerlukan banyak I/O port untuk satu terminal

13. Jenis kabel UTP digunakan untuk jaringan Ethernet :
a. 10Base2
b. 10Base5
c. 10BaseT
d. Semua jawaban benar

14. Suatu algoritma routing yang tidak mendasarkan keputusan routingnya pada kondisi topologi dan lalulintas saat itu adalah :
a. Nonadaptive
b. Adaptive
c. RCC
d. Hot potato

15. Data/message yang belum dienkripsi disebut dengan :
a. Plaintext
b. Ciphertext
c. Auntext
d. ChokePacket

16. Algoritma Kontrol Kemacetan yang menjaga jumlah paket tetap konstan dengan menggunakan permits yang bersirkulasi dalam subnet adalah :
a. Kontrol Arus
b. Kontrol Isarithmic
c. Pra Alokasi Buffer
d. ChokePacket

17. Sekumpulan aturan yang menentukan operasi unit-unit fungsional untuk mencapai komunikasi antar dua entitas yang berbeda adalah :
a. Sintaks
b. Timing
c. Protokol
d. Routing

18. Algoritma yang digunakan oleh transparentbridge adalah :
a. RCC
b. BackwardLearning
c. Flooding
d. Shortestpath

19. Dalam model OSIinternetworking membagi lapisan network menjadi beberapa bagian, kecuali
a. Intranet sublayer
b. Access sublayer
c. Internet sublayer
d. Enhanchementsublayer

20. Teknik time domain reflectometry digunakan pada standardIEEE:
a. 802.2
b. 802.3
c. 802.4
d. 802.5

21. Suatu cara yang mempunyai kemampuan untuk menyedianprivacy, authenticity, integrity dan pengamanan data adalah :
a. Enkripsi
b. Antisipasi
c. Deskripsi
d. Semua jawaban salah

22. Tujuan adanya jaringan komputer adalah…..
a. Resourcesharing
b. Penghematan biaya
c. High reability
d. Semua jawaban benar

23. Mengontrol suapaya tidak terjadi deadlock merupakan fungsi dari lapisan :
a. NetworkLayer
b. SessionLayer
c. Data linkLayer
d. ApplicationLayer

24. Frame yang terjadi apabila suatu stasiun mentransmisikan frame pendek kejalur ring yang panjang dan bertubrukan atau dimatikan sebelum frame tersebut dikeluarkan. Frame ini disebut dengan istilah :
a. Orphan
b. Beacon
c. Pure
d. Semua jawaban salah

25. Wirecenter digunakan pada standar :
a. 802.2
b. 802.3
c. 802.4
d. 802.5

26. Komponen dasar model komunikasi adalah :
a. Sumber
b. Tujuan
c. Media
d. Semua benar

27. Di bawah ini termasuk Broadcastnetwork :
a. CircuitSwitching
b. Paket Switching
c. Satelit
d. Semi Paket Switching

28. Paket radio termasuk golongan :
a. Broadcast
b. Switched
c. Publik
d. Semua benar

29. Di bawah ini termasuk guided media :
a. UTP
b. Coaxial
c. Fiber Optik
d. Semua benar

30. Modul transmisi yang sifatnya searah adalah :
a. PageR
b. Simpleks
c. TV
d. Semua benar