Jumat, 20 November 2015

SEO (Search Engine Optimization)

SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google. Halaman website yang memiliki ranking yang baik di halaman pencarian Google tentunya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor potensial terus menerus secara gratis.
Bila kita mengetikkan sebuah kata kunci di halaman pencarian Google, kita akan melihat list website yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Halaman website/ blog yang teroptimasi dengan baik dan berada pada urutan atas (posisi 1 – 4) biasanya akan mendapatkan pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan website yang berada di urutan bawah dari hasil pencarian.  Perlu kita perhatikan, yang saya maksud dengan website/ blog yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO adalah website yang berada di urutan atas hasil pencarian organik (Organic Search), bukan website yang memasang iklan di Google (Google Ads). Lihat gambar,

Sejarah Singkat SEO

Menurut Danu Sulivan istilah search engine optimization pertama di gunakan pada tanggal 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang di posting di usenet dan pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu komplek sehingga mudah untuk di manipulasi. Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melaui meta tag pada kode HTML situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci atau keyword.

Tujuan  SEO

Tujuan SEO adalah untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Secara logika website yang sangat mudah di temukan pasti akan mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak dan dari keuntungan jumlah pengunjung itulah sebuah website bisa menghasilkan keuntungan jika website tersebut mampu meyakinkan pengunjung untuk melakukan tindakan/action untuk membeli produk, memasang iklan, memberi donasi atau hal lain yang pada intinya adalah memberikan keuntungan kepada pemilik website tersebut.

Kelebihan SEO

Kelebihan dari SEO adalah pemilik website akan mendapatkan keuntungan tanpa mengeluarkan biaya promosi untuk melakukan pemasangan iklan dan lain sebagainya.

Kekurangan SEO

Kekurangan SEO adalah bahwa SEO tidak menjamin sebuah website bisa berada di posisi terbaiknya sepanjang waktu. Website yang teroptimasi dengan SEO pasti akan mengalami perubahan posisi entah itu turun peringkat atau bahkan hilang sama sekali. Perubahan posisi terjadi di karenakan beberapa sebab seperti: bertambahnya jumlah persaingan, perubahan algorithm dari search engine, kesalahan dalam pengoptimasian dan faktor lainnya.

Sumber dan Referensi:

http://antoeseo.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-dan-sejarah-singkat-seo.html
https://www.maxmanroe.com/apa-itu-seo-apa-manfaat-search-engine-optimization-bagi-sebuah-bisnis.html
http://dijasaseo.blogspot.co.id/2013/02/kelebihan-dan-kekurangan-antara-seo-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar