Minggu, 25 Januari 2015

Tugas Softskill ke 4


Nama : Axcel Jadi Driantama
NPM : 51412272
Kelas : 3ia18


Pembuatan animasi menggunakan aplikasi Blender


Disini saya akan membuat animasi pendek berdurasi 2 detik yang menceritakan tentang seorang pria bertubuh Six Pack yang sedang menggunakan barbel. 

cara pembuatan:



Pertama buka aplikasi blender, gambar di atas merupakan tampilan awal yang berbentuk kube atau kubus ketika membuka blender.


Lalu karena di sini saya ingin membuat tubuh manusia agar lebih mudah membuatnya saya menggunakan blueprint dengan cara menggukan background image, dengan cara tekan tombol N lalu aktifkan background image setelah itupilih gambarnya dan atur gambar tersebut, dan jangan lupa untuk mempermudah pengerjaan bagi layar menjadi dua dengan cara menarik icon yang sudah saya beri tanda merah.

Jika sudah di atur maka mulai lah pembentukan, pembentukan kotak sendiri di sesuaikan dengan bentuk badan. Pembentukan kotak juga di lakukan dengan cara meng Extrude kotak tersebut dengan cara menekan tombol E yang berfungsi untuk menambahkan segment kecil atau meng Grabnya utuk memanjangkan bagian kotaknya dengan cara menekan tombol G. Dan juga menggunakan pembagian segment dengan cara menekan CTRL R. Disini saya menggunakan cara yang lebih mudah untuk menyesuaikan agar kedua sisi sama besarnya, yaitu dengan cara menggunakan mirror, untuk menggunakan mirror kita harus menghapus setengah bagian segment lalu klik toolbar yang sudah saya tandai lalu klik add modifier lalu pilih mirror pada pilihan tersebut.


Setelah pengaturan badan sudah agak lumayan terlihat bagus maka kita akan membuat lengannya, untuk membuat lengannya pertama kita klik sudut atau verteks pada bagian sisi yang ingin di panjangkan, untuk memilih sudut atau garis atau sisi dapat kita atur pada kotak yang sudah saya tandai warna merah, lalu setelah itu kita gunakan pengaturan scale untuk mengatur ukuran lebar dengan cara menekan tombol S, dan juga pembagian segment dengan cara menekan CTRL R, dan juga pemanjangan sisi dengan cara menggunakan GRAB dengan menekan tombol G. Aturlah objek tersebut dengan menggunakan cara-cara tadi agar objek dapat terbentuk seperti contoh blue printnya, seperti pada gambar bagian kanan.


Sekarang adalah pembuatan bagian kaki pada dasarnya pembuatan kaki caranya sama dengan lengan, yang membedakan hanyalah ukurannya saja untuk di sesuaikan dengan background image. Dengan menggunakan cara extrude, scale, grab, dan pembagian segment dan setelah itu lakukan penyesuaian terhadap background image. Pada gambar kiri itu hanya baru di lakukan penambahan segmet dengan cara di extrude lalu setelah itu di tarik kebawah, lalu pada gambar kanan adalah objek yang sudah di lakukan penyesuaian dengan cara tadi dan di sesuaikan dengan background image.


Untuk membuat kaki, pertama kita extrude bagian bawah kaki untuk memberi ruang agar kita bisa membuat kaki, lalu  extrude bagian depan kaki lalu tarik ke depan, selanjutnya lakukan penyesuaian dengan bentuk kaki atau sepatu, karena saya ingin membuat sepatu maka saya buat seperti gambar di atas.


Setelah pembuatan kaki, selanjutnya kita masuk ke pembuatan tangan pertama kita extrude pada ujung lengan untuk membuat telapak tangan seperti gambar di atas, lalu setelah itu kita gunakan knife untuk membuat segmen baru untuk di jadikan jari, setelah itu kita extrude segmen yang telah kita buat, lalu jika sudah buat jari maka kita duplikat jari tersebut untuk membuat jari - jarinya yang lain. Jika sudah jadi maka akan seperti gambar di atas pada bagian kanan.

Setelah pembuatan tangan selesai maka selanjutnya kita buat kepala dan bentuk wajah, pertama kita pilih faces bagian atas badan yang ingin di jadikan leher dan kepala, setelah kita pilih maka selanjutnya kita extrude ke atas seperti pada gambar bagian kiri, selanjutnya kita sesuaikan bagian yang sudah kita extrude tersebut seperti gambar pada blue print, dengan cara menggunakan grab dan pembagian segment (CTRL + R) pada gambar diatas bagian tengah. Lalu setelah menyesuaikan bentuk yang terlihat dari samping selanjutnya kita sesuaikan ukuran kepalanya, lalu gunaka pembagian segment dengan menggunakan knife dan atur seperti sebagai mana bentuk muka seperti gambar di samping kanan.

Gambar di atas merupakan step atau cara pewarnaan sederhana untuk memberikan pada objek. Untuk melakukannya hanya dengan cara klik toolbar material seperti yang sudah saya tandai warna merah di bagian atas, lalu setelah masuk kedalam toolbar material maka atur warna di bagian Diffuse dan Specular sesuai keinginan, jika ingin membagi warna maka lakukan klik tanda + pada bagian material dan sebelum mengklik tanda + kita pilih dulu bagian faces mana yang ingin di warnai , jika sudah maka hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di bagian kanan, warna objek sudah keliatan berubah.


Lalu setelah itu kita berikan bones atau tulang dengan memberikan mode amature pada pilihan display and edit lalu pilih amature.


Gambar di atas adalah lanjutan cara pemberian bones atau tulang untuk menggerakan objek,  dengan cara klik add lalu armature lalu pilih single bone, setelah itu letekan bone pada posisi yaang di inginkan lalu setelah itu extrude bone ke arah yang ingin di gerakan.

Gambar di atas merupakan penggabungan bone dengan objek. Setelah bone di bentuk lalu klik+shift objek lalu klik+shift pada bone setelah itu tekan ctrl+p lalu pilih with Automatic Weights. Jika sudah maka klik salah 1 bone lalu gerakan ke arah yang di inginkan. Gambar di samping kana merupakan hasil dari penggerakan bones.

Setelah di with automatic weight lalu jika ingin membuat animasi geser gariis hijau pada time line yang saya beri lingkaran hitam lalu setelah di pindahkan, gerakan tulang dalam mode pose mode, setelah di gerakan lalu tekan i pilih locRot untuk membuat gerekan pada keyframenya. Jika sudah lalu lakukan hal tersebut untuk membuat gerakan yang di inginkan.

Jika sudah selesai bermain dengan animasinya maka selanjutnya klik pilihan render animation untuk melihat hasil animasinya dalam bentuk video. Dan hasilnya bisa di lihat pada hasil renderan animation. oh iya  satu lagi untuk pembuatan barbel sendiri anda bisa mengkreasikan sesuai keinginan anda sendiri, oleh karena itu saya tidak menjelaskan pembuatannya..





Hasil Renderan:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar