Minggu, 16 Maret 2014

Contoh Program Sederhana Mencetak Data Diri Pada Java

Di sini saya akan memberikan contoh program sederhana untuk menampilkan data diri, dan saya akan menggunakan data diri saya untuk di jadikan contoh. Di sini saya menggunakan NETBEANS.
NETBEANS sendiri adalah sebuah aplikasi Integrated Development Environment (IDE) yang berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi desktop yang dapat berjalan pada berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan Solaris. Sebuah IDE merupakan lingkup pemrograman yang di integrasikan ke dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface (GUI), suatu kode editor atau text, suatu compiler dan suatu debugger. 

Jadi kita tidak usah repot-repot mengompile pada cmd karena program yang kita ketikan akan secara otomatis tercompile jika mengklik tombol run.

contoh program


listing program:
 

class datadiri{
public static void main(String[]args){
System.out.println("Nama    : Axcel Jadi Driantama");
System.out.println("Kelas    : 1IA23");
System.out.println("NPM    : 51412272");
}
}


listing di atas untuk di jalankan di cmd. pada netbeans penulisan class dan package di lakukan pada saat awal pembuatan project.


gambar di atas merupakan tampilan jika anda mengetikan source code pada netbeans..

penjelasan program:



class datadiri{
Ø  Menunjukan bahwa pada nama class yang digunakan dengan nama  “datadiri”.

public static void main(String[]args){
Ø  Mengindikasikan bahwa nama suatu method dalam class keputusan yang bertindak sebagai method utama (mendeklrasikan suatu method dengan nama main).

System.out.println("Nama      : Axcel Jadi Driantama")
System.out.println("Kelas       : 1IA23");
System.out.println("NPM       : 51412272");
Ø  System.out.println berfungsi untuk mencetak hasil yang kita tulis, tapi dengan catatan anda menuliskan apa yang ingin kalian cetak dala tanda kurung dan kutip dua.


hasil output:



Catatan:
dalam penggunaan bahasa java dalam pembuatan program kita harus memperhatikan besar kecilnya huruf, karena java bersifat case sensitive, sedikit kesalahan karena besar kecilnya huruf akan membuat program itu tidak berjalan.

Semoga Bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar